How to Cook Delicious Semur Jengkol Khas Betawi

Semur Jengkol Khas Betawi. KOMPAS.com - Semur jengkol adalah makanan khas Betawi yang perlu bumbu dan cara mengolah yang tepat untuk menghasilkan masakan nan lezat. Baca juga: Resep Aer Manis khas Betawi, Minuman Rempah untuk Welcome Drink Pada resep makanan bercita rasa pedas manis ini, jengkol diolah hingga lembut. Semur jengkol sendiri juga dijadikan sebagai lauk pelengkap nasi uduk.

Semur Jengkol Khas Betawi Panaskan sedikit minyak di dalam wajan. Makan jengkol enaknya di barengin sama nasi uduk dan lauk pauknya apa lagi tambah sambal khas betawinya beuh parah 🤭🤭 #cookpadcommunity_jakarta Bahkan, semur jengkol menjadi sajian wajib masyarakat Betawi pada saat perayaan hari besar dan berkumpul bersama keluarga seperti di hari Lebaran. Berikut ini resep semur jengkol khas Betawi untuk kamu yang ingin coba masak sendiri. You can have Semur Jengkol Khas Betawi using 24 ingredients and 4 steps. Here is how you achieve that.

Ingredients of Semur Jengkol Khas Betawi

  1. You need of Bahan Rebusan Jengkol.
  2. You need 500 gr of jengkol.
  3. Prepare 10 lembar of daun jambu.
  4. Prepare 10 lembar of daun salam.
  5. It's 10 lembar of daun jeruk.
  6. You need of Bumbu Halus.
  7. It's 5 buah of cabai merah keriting.
  8. It's 20 buah of cabai rawit merah.
  9. It's 7 siung of bawang merah.
  10. You need 5 siung of bawang putih.
  11. Prepare 5 butir of kemiri.
  12. It's 1 sdt of biji pala.
  13. You need 1/2 sdt of ketumbar bubuk.
  14. You need 1/2 sdt of merica bubuk.
  15. Prepare of Bumbu Dapur.
  16. Prepare 3 lembar of daun salam.
  17. You need 1 batang of sereh (geprek).
  18. It's 1 ruas of lengkuas (geprek).
  19. You need 2 sdt of kaldu jamur.
  20. You need 2 sdt of santan kara.
  21. You need 1/2 sdt of garam.
  22. You need 1/2 sdt of gula.
  23. Prepare 7 sdm of kecp bangau.
  24. You need 300 ml of air.

Bagi traveler yang berburu kuliner khas Betawi, sayang jika melewatkan kenikmatan semur jengkol. Meski dikenal dengan bayu yang menyengat, kuliner khas Betawi ini tak diragukan lagi kelezatannya. Ketoprak Semur adalah salah satu masakan asli khas Indonesia. Banyak jenis Resep Semur khas Indonesia seperti Resep Semur Tahu dan Resep Semur Ayam.

Semur Jengkol Khas Betawi instructions

  1. Didihkan air dalam wadah, kemudian masukkan jengkol, daun salam, daun jeruk, dan daun jambu biji, rebus hingga 30 menit. Angkat lalu tiriskan. (tips : rebus jengkol dengan daun tersebut dapat meminimalisir aroma khas jengkol).
  2. Geprek atau pipihkan jengkol menggunakan ulekan..
  3. Haluskan bumbu cabai, bamer, baput, kemiri, merica, ketumbar, biji pala, serai, daun salam, lalu tumis hingga matang dan masukkan jengkol yang telah dipipihkan. Tambahkan air, kecap, kaldu jamur, gula, Aduk rata hingga air menyerap lalu koreksi rasa. angkat lalu sajikan.
  4. Siap disantap dengan nasi hangat.

Untuk bumbu juga hampir sama cuma bahan utama yang berbeda. Semur Jengkol adalah masakan asli khas Betawi yang sangat dikenal di Indonesia sama halnya dengan Resep Khas Betawi lainnya seperti Resep Sayur Asem Betawi dan Resep Soto Betawi Enak. Cara Membuat Semur Jengkol khas Betawi. Setelah semua bahan dan bumbu dipersiapkan, kini Anda bisa memulai untuk mengolahnya menjadi hidangan semur jengkol yang nikmat dan lezat. Langkah pertama untuk membuat semur jengkol adalah dengan merendam buah jengkol yang akan dimasak.

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter